PSIKOLOGI
MANAJEMEN
Manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
yang telah ditetapkan (Stoner).
Psikologi manajemen adalah ilmu
tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi
kebutuhan.
Kaitannya
dengan psikologi:
Dengan ditemukan dan dikembangkannya
ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan yang terpenting
dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu psikologi yg memang
berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia
seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik
dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang setinggi-tingginya untuk
produktivitas perusahaan.
ORGANISASI
Pengertian Organisasi adalah
sebuah kelompok individu yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan tertentu.
Jumlah individu ini sangat beraneka ragam antara organisasi yang satu dengan
organisasi yang lain. Ada yang beranggota tiga atau empat orang, yang bekerja
dengan kontak sangat dekat. Sementara itu, ada juga organisasi yang memilki
seribu karyawan di seluruh dunia.
§ Victor A Thompson, Pengertian
Organisasi adalah suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang
bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa
tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
§ Richard Scott adalah
suatu kelompok yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan khusus,
yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.
§ Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
§ James D. Mooney mengemukakan
bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
§ Chester I. Bernard berpendapat
bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
§ Stephen P. Robbins menyatakan
bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara
sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja
atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau
sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk
karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi
serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut
terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang
dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat di sekitarnya, karena memberikan
kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai
anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
Orang-orang yang ada di dalam suatu
organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan
ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi
menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada
saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara
relatif teratur.
Tujuan Organisasi dan Fungsi
Organisasi
Tujuan
organisasi secara umum, antara lain :
v Tujuan
organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan dan cita cita bersama anggota
organisasi.
v Tujuan
organisasi yang kedua ialah hasil akhir yang diinginkan di waktu yang akan
datang.
Fungsi
organisasi secara umum, antara lain :
§ Fungsi
organisasi yang pertama adalah untuk memberikan arahan dan pemusatan kegiatan
organisasi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh
organisasi.
§ Fungsi
organisasi yang kedua yaitu dapat meningkatkan kemampuan anggota organsasi
dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dari lingkungan masyarakat.
§ Fungsi
organisasi yang berikutnya adalah dapat memberikan pengetahuan yang baru kepada
anggotanya.
AKTIVITAS MANAJEMEN SUMBER DAYA
MANUSIA (SDM)
Pengertian
sumber daya manusia
Sumber daya Manusia (SDM) merupakan
salah satu faktor yang sangat penting
dalam suatu perusahaan di samping faktor yang lain seperti modal. oleh
karena itu, SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan
efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal
dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM).
kegiatan
atau aktivitas MSDM secara umum dapat dikategorikan menjadi empat, yaitu:
1. Persiapan
dan Pengadaan
Kegiatan persiapan dan
pengadaan meliputi banyak kegiaan, diantaranya adalah kegiatan analisis
jabatan, yaitu kegiatan untuk mengetahui jabatan-jabatan yang ada dalam
organisasi beserta tugas-tugas yyang dilakukan dan persyaratan yang harus
dimiliki oleh pemegang jabatan tersebut dan lingkungan kerja dimana aktivitas
tersebut dilakukan.
2. Pengembangan
dan Penilain
Setelah mereka bekerja
secara berkala harus dilakukan pelatihan-pelatihan. Hal ini diperlukan untuk
meningkatkan produktivitas pegawai dan
menjaga terjadinya keusangan kemampuan pegawai akibat perubaha-perubahan yang
terjadi dalam lingkungan kerja.
3. Pengkompensasian
dan Perlindungan
Untuk mempertahankan
dan memelihara semangat kerja dan motivasi, para pegawai diberi kompensasi dan
beberapa kenikmatan atau keuntungan lainnya dslam bentuk program-program
kesejahteran.
4. Hubungan-hubungan
kepegawaian
Hubungan-hubungan
kepegawaian meliputi usaha untuk memotivasi pegawai, memberdayakan pegawai yang
dilakukan melalui penataan pekerjaan yang baik, meningkatkan disiplin pegawai
agar mematuhi aturan, kebijakan-kebijakan yang ada, dan melakukan bimbingan.
SUMBER :
http://indryawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/28361/Psikologi+Manajemen+Rini.ppt
Tanggal Akses 8 Januari 2017
http://www.informasiahli.com/2015/08/pengertian-organisasi-tujuan-dan-fungsinya.html#
Tanggal Akses 8 Januari
2017
https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
Tanggal Akses 8 Januari 2017
Hariandja, M.T.E,.(2002). Managemen
Sumber daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar